Jumat, 16 Desember 2011

Peradaban Cina dengan Peradaban Melayu dalam Mitos


1. Pendahuluan
Kehidupan manusia tidak dapat terpisah daripada alam semesta, namun cara manusia
memandang dan melayani alam semesta telah melahirkan nilai serta kebudayaan tamadun
masing-masing. Hakikatnya, kosmologi sesebuah tamadun adalah berbeza, dan nilai-nilai
atau ideologi-ideologi ketamadunan yang dipegang oleh tiap-tiap tamadun juga adalah
berlainan. Oleh itu, Kertas kerja ini cuba membincangkan kosmologi tamadun Cina dan
Melayu dari dua perspektif, iaitu dari perspektif mitologi dan falsafah, dengan merujuk
kepada hubungan manusia dengan alam semesta kedua-dua tamadun ini.
Setiap tamadun mempunyai mitos masing-masing. Mengikut definisi Kamus Dewan,
mitos ialah cerita zaman dahulu yang dianggap benar, terutamanya yang mengandungi
unsur-unsur konsep atau kepercayaan tentang sejarah awal kewujudan sesuatu suku
bangsa, kejadian-kejadian alam dan sebagainya (2007: 1037).
Mitos merupakan warisan kerohanian yang berharga dari sudut sastera dan budaya.
Kebanyakan mitos ditemurunkan secara naratif dari satu generasi ke generasi yang lain.
Mitos telah memperlihatkan daya kreativiti nenek moyang manusia yang penuh imaginasi,
romatik dan mistik. Walaupun kandungan mitos tidak mudah dipercayai, namun ia telah
memanifestasikan semangat dan pandangan dunia yang paling asas bagi sesebuah bangsa
atau tamadun. Oleh yang demikian, mitos dapat dikatakan melambangkan semangat atau
jiwa sesebuah tamadun dalam usaha mengenali dunia yang mereka tinggal dan
kesungguhan mereka menyelesaikan masalah dunia yang tertimbul. (TaoYang & Zhong
Xiu, 1990: i)
Dalam usahan mengenali dunia, kerangka pemikiran atau sistem kepercayaan yang
asas akan terwujud. Hal sedemikian menunjukkan sesebuah tamadun sedang mengalami
peralihan dari suatu peringkat yang primitif kepada peringkat yang lebih rasional. Ini
adalah kerana kerangka pemikiran atau sistem kepercayaan tersebut akan menggariskan
asas nilai dan estetika indvidu kepada asas masyarakat dan kemajuan sosial. (Hairudin
Harun, 2001: 4). Sistem pemikiran sedemikian menjelaskan dan mendefinasikan tentang
hubungan manusia dengan alam, hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan
Tuhan telah dilanjutkan sehingga munculnya ilmu falsafah yang lebih sistematik dan
rasional. Oleh yang demikian, , proses pada peringkat ini menjadi lebih kerap dan lebih
mendalam. Dalam prosese peralihan tersebut, kelihatan juga kemasukan pengaruh asing
seperti budaya dan fikiran daripada tamadun lain telah menjadikan kosmologi sesebuah
tamadun lebih komplek dan berwarna-warni.

2. Mitos Tentang Penciptaan Alam Semesta dan Kewujudan Manusia

Tao Yang & Zhong Xiu telah membuat koleksi mitos Cina (lebih daripada 200 buah
cerita) dan membahagikannya kepada 12 kategori yang merangkumi mitos penciptaan
universal, mitos asal usul manusia, mitos wira, mitos raja dan sebagainya. (1990: 6-11)
Koleksi mitos yang serba banyak ini telah menunjukkan kekayaan dan kepelbagaian
tamadun Cina.
Abdul Rahman Abdullah berpendapat bahawa mitos merupakan salah satu corak
sastera rakyat atau sastera naratif yang tertua, dan merupakan juga sumber terpenting
dalam kajian tentang kosmologi Melayu. (1999: 11) Beliau telah mengemukakan
beberapa buah contoh mitos di Nusantara untuk menunjukkan kosmologi Melayu Asli
yang bersifat dualisme. (1999: 11-15)
Oleh yang demikian, perbincangan selanjutnya akan tertumpu kepada mitos
penciptaan alam semesta atau universal dan mitos kewujudan manusia di tamadun Cina
dan tamadun Melayu.

2.1 Penciptaan Alam Semesta / Universal

Alam semesta, atau dikenali sebagai universal, merupakan suatu bidang yang luas
dan jauh daripada pengetahuan manusia kuno, bahkan manusia kini. Kekurangan
pengetahuan sains dan teknologi mengakibatkan manusia menggunakan ilmu yang sedia
ada dan terhad untuk menjelaskan fenomena atau kejadian alam yang telah berlaku di
sekelilingnya. Untuk memunasabahkan penjelasan mereka, maka peminjaman
unsur-unsur ghaib merupakan satu cara penyelesaian yang paling sesuai. Berikut
merupakan beberapa contoh mitos tamadun Cina dan Melayu tentang penciptaan
universal.

(i) Peradaban Cina

Di China, dipercayai bahawa dunia pada asalnya adalah berbentuk telur. Di dalam
telur tersebut hanyalah segala campur-campuran dan kekaburan. Seorang tokoh yang
bernama Pan-gu telah dilahirkan di antaranya. Pan-gu telah memecahkan kerangka telur
mengakibatkan bahagian kerangka atas berkembang menjadi langit dan bahagian
kerangka bawah telah menjadi bumi. Campuran yang terang dan ringan di dalam telur
telah berkembang menjadi udara dan awam, manakala campuran yang berat jatuh ke
bawah menjadi tanah. Pecahan-pecahan kerangka telur yang tercampur dengan campuran
berat bertukar menjadi batu-batuan, manakala pecahan yang tercampur dengan campuran
ringan bertukar menjadi bintang. Dua pecahan kerangkan telur yang besar pula bertukar
menjadi matahari dan bulan. Sejak itu, terwujudnya langit dan bumi, pagi dan malam.
Selepas Pan-gu mati, badannya bertukar menjadi gunung Kunlun dan rohnya menjadi
dewa petir. (TaoYang & Zhong Xiu, 1990:1)
Terdapat juga cerita yang mengatakan bahawa selepas Pan-gu mati, matanya bertukar
menjadi matahari dan bulan; rambut dan jangutnya bertukar menjadi bintang; nafas dari mulutnya menjadi angin dan awan; bunyinya menjadi petir, darahnya menjadi sungai dan
sebagainya. Roh dan semangat Pan-gu pula melahirkan manusia serta segala haiwan,
burung dan serangga di dunia. Dengan itu, maka wujudnya dunia sekarang. (TaoYang &
Zhong Xiu, 1990: 8-10)

(ii) Peradaban Melayu
Sekiranya ditinjau dari pandangan orang asli atau penduduk asli di kepulauan Tanah
Melayu, kita dapat meneliti sedikit sebanyak tentang asas kosmologi Tamadun Melayu.
Misalya menerusi mitos orang Iban, mereka percaya dunia dan manusia sekarang
adalah dicipta oleh dua ekor burung dewa yang bernama Ara dan Irik. Pada masa dahulu,
berlaku kebanjiran yang besar di alam dunia, Ara dan Irik telah mengeluarkan dua bentuk
pepejal telur dari kebanjiran tersebut dan menukarkan mereka kepada langit dan tanah.
Ara dan Irk kemudiannya menciptakan gunung,-ganang, sawah padi, sungai dan tanah
pamah. (Ling Ching Ching, 2005: 117-118)
Selain daripada mitos tersebut di atas, terdapat versi lain yang popular di kalangan
orang Iban. Orang Iban juga percayai bahawa dunia ini dicipta oleh Raja Entala dan
isterinya. Mereka menggunakan kotoran badan mereka untuk menciptakan langit dan
bumi. Disebabkan bumi lebih besar daripada langit, Raja Entala terpaksa memanpatnya
menyesuaikan langit. Akibatnya, wujudlah gunung, bukit, lembah, sungai dan pamah.
Kemudian tertumbuhnya paku pakis, pokok, bunga dan rumput. (Ling Ching Ching, 2005:
118)
Bagi orang semai pula, mereka percaya bahawa dunia ini dicipta oleh Tak Pedn dan
Enku. Dunia terdiri daripada tujuh lapisan bumi dan tujuh lapisan langit yang
masing-masing ditinggal oleh mahluk sakti yang baik dan jahat.
Begitu juga di Indonesia, misalnya di daerah Batak Toba terdapat mitos yang
mengisahkan penciptaan bumi, matahari bulan dan manusia oleh Raja Odap-Odap dan
Boru Deak Parujar. Di daerah Sikka pula terdapat mitos yang mengkaitkan perkahwinan
Lero Wulang dan Ni’ang Tana dengan kelahiran dunia kini. (Abdul Rahman Abdullah,
1999: 12-13).
Dalam al-Quran telah mengisahkan bahawa Allah menggunakan 6 hari untuk
mencipta dunia, seperti yang berikut:
“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang menciptakan langit dan bumi
dalam enam masa lalu Ia bersemayam di atas Arasy; Ia melindungi malam dengan
siang yang mengiringinya dengan deras dan matahari dan bulan serta bintang-bintang,
tunduk kepada perintahNya. Ingatlah, kepada Allah jualah tertentu urusan
menciptakan (sekalian makhluk) dan urusan pemerintahan. Maha Suci Allah yang
mencipta dan mentadbirkan sekalian alam.” (al-Qural, 7: 54)

bersambung---------------

NAMA ORANG MINANGKABAU;sebelum dan sesudah Islam Masuk


Diantara sejumlah suku-suku bangsa yang ada di Nusantara, mungkin
nama-nama orang Minang tergolong kompleks, aneh, variatif, longgar, tetapi
sekaligus fleksibel, unik, kreatif serta pragmatis. Orang Batak dan Manado
selalu mencantumkan nama marga dan clan di belakang nama kecil. Nama
orang Maluku dan Papua dapat dikenali secara cepat dan familiar. Sebagai
pengaruh Islam, nama orang Melayu lazim mencantumkan bin/binti sebelum
nama orang tua. Orang Jawa dan Sunda lumayan ketat dalam memberi nama
anak, sehingga kita nama-nama mereka memiliki khas tersendiri.
Bagi orang Jawa dan juga Sunda, dari nama saja bisa langsung dikenali
status sosialnya sekaligus, apakah dia keturunan bangsawan atau rakyat biasa.
Nama depan “Andi” jelas berasal dari kaum ningrat Sulawesi Selatan (Bugis).
Demikian juga halnya dengan kelompok masyarakat adat lain : Badui, Dayak,
Sakai, Nias atau Mentawai, masing-masing memiliki karakter tersendiri yang
mudah dikenali (addressed).

Bagaimana dengan Minangkabau??? Penamaan dalam masyarakat
Minangkabau masa lampau kelihatannya berpegang pada falsafah “alam
takambang jadi guru”. Orang-orang menamai daerah-daerah baru, kampung,
dan nama-nama suku-suku dengan falsafah ini, termasuk juga menamai orang
(anak) dan gelar. Tak mengherankan kiranya, kalau nenek moyang kita bernama
: Kirai, Upiak Arai, Talipuak, Sirancak, Jilatang, Masiak, atau Jangguik.
Kedengarannya aneh dan lucu, ya???
Setelah Islam masuk dan berkembang, mulai pula nama-nama orang
Minang berubah menjadi kearab-araban (Islam). Nama-nama seperti ini,
contohnya : Mohammad Attar, Mohammad Natsir, Saiful, Bahri, Mochtar, Ali,
Amir, Arifin, Ismail, Aziz, Fauzah, Hamid, M. Rais, Zakiah, Ibrahim, Idris, Rasid,
Sofyan, Dahlan, Fatimah, Aminah, Maimunah, Hayati, Nurhasanah, Nuraini,
Saidah, dst.

Pasca takluknya peristiwa PRRI-Permesta, orang Minang mengalami
tekanan mental luar biasa dari pemerintahan Jakarta, banyak diantara mereka
kemudian memutuskan meninggalkan kampung halaman untuk pergi merantau.
Setidaknya, demikian pendapat yang tertulis dalam buku “Merantau”-nya
sosiolog Mochtar Naim. Mulai pula orang berusaha menanggalkan identitas dan
label keminangannya, salah satu lewat perubahan nama. Tak sedikit orang
Minang memiliki nama yang kejawa-jawaan, ada seperti nama Eropa, Parsia,
atau Amerika Latin. Sekedar contoh, seorang pejuang pemberontak PRRI yang
semula bernama Bastian St. Ameh, kemudian merantau ke Jawa dan berhasil
jadi pengusaha sukses : Sebastian Tanamas.
Ada “urang awak” bernama Revrisond Baswir, ekonom UGM yang
terkenal. Beberapa nama yang ikut menjadi calon gubernur Sumbar tempo hari
bernama ; Leonardy Armaini, Jeffry Geovanni dan terakhir siapa kira kalau
Irwan Prayitno itu adalah putra asli Kuranji, Padang? Saya berkali-kali berusaha
meyakinkan orang-orang tua di kampung halaman, kalau Irwan Prayitno bukan
orang Jawa, pada saat Pilkada berlangsung. Mungkin mereka kuatir dengan
“trauma” masa lalu, pada penghujung Orde Lama banyak sekali pejabat tinggi
di Ranah Minang yang di”drop” dari Jakarta dan berasal dari etnis Jawa.
Dalam pemberian nama kepada anak orang Minang sangat pragmatis tapi
kreatif. Di SD saya punya kawan bernama hebat, John Kennedy, sayang dia
sempat tinggal kelas. Waktu kuliah teman akrab saya bernama Socrates, asal
Labuah Basilang Payakumbuh, yang waktu lahir kakek yang memberinya nama
terkagum-kagum pada pemikiran Filsafat Yunani. Semula saya kira dia orang
Tapanuli, namanya Hardisond Dalga, ternyata dia dari Singkarak dan nama
belakang adalah nama ayah-bunda ; Dalimi-Gadis.
Ada lagi kawan bernama Ida Prihatin, karena waktu melahirkan orang
tuanya mengalami masa-masa ekonomi susah. Indah Elizabeth, Indah namanya
dan waktu lahir ditolong oleh bidan Tionghoa yang ramah bernama Elizabeth.
Dian Bakti Kamampa, kata terakhir bukan nama daerah melainkan akronim dari
“Kepada Mama dan Papa”, juga ada Taufik Memori Kemal, menurut cerita
orang tua yang memberi nama tersebut, dia selalu terkenang (teringat) kepada
komandan seperjuangan yang gugur pada Revolusi Fisik Kemerdekaan bernama
“Kapten Kemal”. Juga menarik seorang mahasiswa bernama M. Batar. Sudah
pasti M tersebut adalah Mohammad, dan “Batar” mungkin saja diambil dari kata
bahasa Arab, begitu pikir saya selama bertahun-tahun. Tetapi kemudian ketika
sesi "mukaddimah" saat dia ujian skripsi, dia menceritakan kisah dibalik nama
tersebut (karena memang ada dosen yang iseng nanya arti namanya).
Singkatnya M. Batar artinya; “mambangkik batang tarandam”, itulah nama
yang sekaligus menjadi misi hidup laki-laki berperawan kurus ini. Kalau kita
rentang, akan banyak kisah-kisah seterusnya dibalik pemberian nama Orang
Minang.

Nama-nama singkatan/akronim bagi orang Minang sudah mentradisi.
Salah satu “perintis”nya adalah Buya Haji Abdul Malik Karim Amarullah, yang
menyingkat namanya jadi HAMKA. Setelah itu tak sedikit yang meniru,
memendekkan nama panjangnya menjadi akronim atau singkatan. Ada Pak AR,
Buya ZAS, STA, HAP, HAKA, Zatako.

Yang menarik ada nama yang sering diasosiasikan sebagai khas Minang,
karena nyaris tak dijumpai pada di etnik lain, yakni nama yang mengandung
atau ber-akhiran …Rizal. Sebutlah misalnya ; Rizal, Rizaldo, Rizaldi, Afrizal,
Erizal, Syamsurizal, Syahrizal, Endrizal, Masrizal, Syafrizal, Hendrizal, Efrizal,
Nofrizal, dst.

Memasuki pertengahan tahun 1980-an, ketiga pemerintahan Orde Baru
sedang puncak-puncaknya, mulai pula “trend” nama anak berbau kebaratbaratan.
Ada yang bernama Alex, Andreas, Hendri(k), Anthon(y), Roni,
Yohanes, Octavia, Octavianus, Matius, Agustin, Angela, Monica, Susi, Selly,
Ryan, Mathias, Dona, Harry, Sintia, Agnes, Yosep, Yoserizal, John, Johan,
Yohanna, dan kalau diteruskan nama-nama ini akan jadi deretan cukup
panjang.
Mungkin pengaruh dominasi budaya Orde Baru, banyak juga nama yang
berasal Sangsekerta seperti : Eka, Eko, Ika, Dharma, Bakti, Agus, Esa,
Kurniawan, Sinta, dst.

Seiring dengan itu, pernah juga sebagian orang mengangkat nama suku
sebagai nama belakang. Ini menurut saya karena pengaruh nama orang Batak
dan Mandailing yang terlihat “gagah” dengan nama marga yang selalu
menempel di belakang nama mereka. Maka kemudian muncul nama semisal,
Hendri Chaniago (karena berasal dari suku Caniago), Indra Piliang, Afrizal Koto,
Anisa Jambak. Nampaknya hanya nama Chaniago (mengherankan….entah
mengapa nama suku itu selalu dibubuhi “h”, padahal aslinya hanya “caniago”)
dan Piliang saja yang cukup populer sebagai nama, suku yang lain relatif
jarang. Memang, nama-nama semacam itu hanya sedikit peminatnya, karena
tidak lazim. Bagi orang Batak atau Mandailing, kalau mereka berasal dari marga
yang sama misalnya sama-sama Sitorus atau Nasution berarti bersaudara.
Sementara suku-suku di Minang bersifat menyebar pada semua nagari di seluruh
Sumatra Barat, sehingga rasa pertalian sesama suku itu – meskipun di rantau -
pun terasa longgar.

Runtuhnya rezim Suharto dan digantikan oleh era reformasi sekarang,
kembali trend nama-nama Islam dan religius untuk nama anak. Sebutlah
misalnya ; Habib, Farhan, Said, Anisa, Naufal, Aqila, Zahra, Najla, Najwa,
Zahira, Salma, Sarah, dst.
Sebenarnya banyak hal yang masih mengganjal dengan “style” namanama
orang Minang, misalnya mengapa karakter nama Minang cenderung
berubah-rubah, dari satu periode ke periode berikutnya? Mengapa begitu
variatif dan kompleksnya nama orang Minang, sehingga kadang bersifat
“menipu”, uncertain dan kadang absurd, lalu adakah yang mereka sembunyikan
dibalik nama-nama tersebut? Apa arti/makna nama bagi orang Minang zaman
sekarang, sejauhmana nama seseorang dianggap penting sebagai identitas
sosial? Sejauhmana hubungan antara nama/gelar dengan politik, modernisasi,
atau birokrasi? Kalau dulu nama sebagai identitas yang dijumpai adalah, misal :
Y. Dt. Rangkayo Basa, M. Dt. Mangkudun Sati atau B. Bagindo Sutan, mengapa
tiba-tiba sekarang tak ada yang mencantumkan gelar adat tersebut sebagai
nametag, kartu nama, atau sebagai nama resmi (yang disandang kemana-mana
karena bangganya) sebagaimana dulu? Pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya
bisa dijawab melalui kajian yang lebih serius.

Budaya khas Indonesia

1. Upacara Tabuik Sumatera Barat.

Berasal dari kata ‘tabut’, dari bahasa Arab yang berarti mengarak, upacara Tabuik merupakan sebuah tradisi masyarakat di pantai barat, Sumatera Barat, yang diselenggarakan secara turun menurun. Upacara ini digelar di hari Asura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram, dalam kalender Islam.


[Image: tabuik1.jpg]
Konon, Tabuik dibawa oleh penganut Syiah dari timur tengah ke Pariaman, sebagai peringatan perang Karbala. Upacara ini juga sebagai simbol dan bentuk ekspresi rasa duka yang mendalam dan rasa hormat umat Islam di Pariaman terhadap cucu Nabi Muhammad SAW itu.


Karena kemeriahan dan keunikan dalam setiap pagelarannya, Pemda setempat pun kemudian memasukkan upacara Tabuik dalam agenda wisata Sumatera Barat dan digelar setiap tahun.
Dua minggu menjelang pelaksanaan upacara Tabuik, warga Pariaman sudah sibuk melakukan berbagai persiapan. Mereka membuat serta aneka penganan, kue-kue khas dan Tabuik. Dalam masa ini, ada pula warga yang menjalankan ritual khusus, yakni puasa.

[Image: tabuik2.jpg]

Selain sebagai nama upacara, Tabuik juga disematkan untuk nama benda yang menjadi komponen penting dalam ritual ini. Tabuik berjumlah dua buah dan terbuat dari bambu serta kayu. Bentuknya berupa binatang berbadan kuda, berkepala manusia, yang tegap dan bersayap. Oleh umatIslam, binatang ini disebut Buraq dan dianggap sebagai binatang gaib. Di punggung Tabuik, dibuat sebuah tonggak setinggi sekitar 15 m. Tabuik kemudian dihiasi dengan warna merah dan warna lainnya dan akan di arak nantinya.

2. Makepung, Balap Kerbau Masyarakat Bali.

[Image: makepung+1.jpg]

Kalau Madura punya Kerapan Sapi, maka Bali memiliki Makepung. Dua tradisi yang serupa tapi tak sama, namun menjadi tontonan unik yang segar sekaligus menghibur. yang dalam bahasa Indonesia berarti berkejar-kejaran, adalah tradisi berupa lomba pacu kerbau yang telah lama melekat pada masyarakat Bali, khususnya di Kabupaten Jembrana. Tradisi ini awalnya hanyalah permainan para petani yang dilakukan di sela-sela kegiatan membajak sawah di musim panen. Kala itu, mereka saling beradu cepat dengan memacu kerbau yang dikaitkan pada sebuah gerobak dan dikendalikan oleh seorang joki.

[Image: makepung+2.jpg]

Makin lama, kegiatan yang semula iseng itu pun berkembang dan makin diminati banyak kalangan. Kini, Makepung telah menjadi salah satu atraksi budaya yang paling menarik dan banyak ditonton oleh wisatawan termasuk para turis asing. Tak hanya itu, lomba pacu kerbau inipun telah menjadi agenda tahunan wisata di Bali dan dikelola secara profesionalSekarang ini, Makepung tidak hanya diikuti oleh kalangan petani saja. Para pegawai dan pengusaha dari kota pun banyak yang menjadi peserta maupunsupporter. Apalagi, dalam sebuah pertarungan besar, Gubernur Cup misalnya, peserta Makepung yang hadir bisa mencapai sekitar 300 pasang kerbau atau bahkan lebih. Suasana pun menjadi sangat meriah dengan hadirnya para pemusik jegog(gamelan khas Bali yang terbuat dari bambu) untuk menyemarakkan suasana lomba.

3. Atraksi Debus Banten

[Image: debus1.jpg]

Atraksi yang sangat berbahaya yang biasa kita kenal dengan sebutan Debus, Konon kesenian bela diri debus berasal dari daerah al Madad. Semakin lama seni bela diri ini makin berkembang dan tumbuh besar disemua kalangan masyarakat banten sebagai seni hiburan untuk masyarakat.
Inti pertunjukan masih sangat kental gerakan silat atau beladiri dan penggunaan senjata. Kesenian debus banten ini banyak menggunakan dan memfokuskan di kekebalan seseorang pemain terhadap serangan benda tajam, dan semacam senjata tajam ini disebut dengan debus.

[Image: debus2.jpg]
Kesenian ini tumbuh dan berkembang sejak ratusan tahun yang lalu, bersamaan dengan berkembangnya agama islam di Banten. Pada awalna kesenian ini mempunyai fungsi sebagai penyebaran agama, namun pada masa penjajahan belanda dan pada saat pemerintahan Sultan Agung Tirtayasa. Seni beladiri ini digunakan untuk membangkitkan semangat pejuang dan rakyat banten melawan penjajahan yang dilakukan belanda. Karena pada saat itu kekuatan sangat tidak berimbang, belanda yang mempunyai senjata yang sangat lengkap dan canggih. Terus mendesak pejuang dan rakyat banten, satu satunya senjata yang mereka punya tidak lain adalah warisan leluhur yaitu seni beladiri debus.

4.Karapan sapi Masyarakat Madura Jawa Timur

[Image: karapan1.jpg]

Karapan sapi yang merupakan perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Madura Jawa Timur, Dalam even karapan sapi para penonton tidak hanya disuguhi adu cepat sapi dan ketangkasan para jokinya, tetapi sebelum memulai para pemilik biasanya melakukan ritual arak-arakan sapi disekelilingi pacuan disertai alat musik seronen perpaduan alat music khas Madura sehingga membuat acara ini menjadi semakin meriah.

[Image: karapan2.jpg]

Panjang rute lintasan karapan sapi tersebut antara 180 sampai dengan 200 meter, yang dapat ditempuh dalam waktu 14 sd 18 detik. Tentu sangat cepat kecepatan sapi – sapi tersebut, selain kelihaian joki terkadang bamboo yang digunakan untuk menginjak sang joki melayang diudara karena cepatnya kecepatan sapi sapi tersebut. Untuk memperoleh dan menambah kecepatan laju sapi tersebut sang joki, pangkal ekor sapi dipasangi sabuk yang terdapat penuh paku yang tajam dan sang joki melecutkan cambuknya yang juga diberi duri tajam kearah bokong sapi. Tentu saja luka ini akan membuat sapi berlari lebih kencang, tetapi juga menimbulkan luka disekitar pantat sapi. Jarak pemenang terkadang selisih sangat tipis, bahkan tidak jarang hanya berjarak 1 sd 2 detik saja. Karapan Sapi dimadura merupakan pagelaran yang sangat unik, selain sudah diwarisi secara turun menurun tradisi ini juga terjaga sampai sekarang. Even ini dijadikan sebagai even pariwisata di Indonesia, dan tidak hanya turis local dari mancanegara pun banyak yang menyaksikan karapan sapi ini.

5. Upacara Kasada Bromo




Upacara Kasada bromo dilakukan oleh masyarakat Tengger yang bermukim di Gunung Bromo Jawa Timur, mereka melakukan ritual ini untuk mengangkat seorang Tabib atau dukun disetiap desa. Agar mereka dapat diangkat oleh para tetua adat, mereka harus bisa mengamalkan dan menghafal mantera mantera. Beberapa hari sebelum Upacara Kasada bromo dimulai, mereka mengerjakan sesaji sesaji yang nantinya akan dilemparkan ke Kawah Gunung Bromo. Pada malam ke 14 bulan Kasada Masyarakat tengger berbondong bondong dengan membawa ongkek yang berisi sesajo dari berbagai macam hasil pertanian dan ternak. Lalu mereka membawanya ke Pura dan sambil menunggu Dukun sepuh yang dihormati datang mereka kembali menghafal dan melafalkan mantera, tepat tengah malam diadakan pelantikan dukun dan pemberkatan umat
dipoten lautan pasir gunung bromo. Bagi masyarakat Tengger, peranan Dukun adalah sangat penting. Karena mereka bertugas memimpin acara – acara ritual, perkawinan dll.

[Image: kasada1.jpg]

Sebelum lulus mereka diwajibkan lulus ujian dengan cara menghafal dan lancar dalam membaca mantra mantra. Setelah Upacara selesai, ongkek – ongkek yang berisi sesaji dibawa dari kaki gunung bromo ke atas kawah. Dan mereka melemparkan kedalam kawah, sebagai simbol pengorbanan yang dilakukan oleh nenek moyang mereka. Didalam kawah banyak terdapat pengemis dan penduduk tengger yang tinggal dipedalaman, mereka jauh jauh hari datang ke gunung bromo dan mendirikan tempat tinggal dikawah gunung Bromo dengan harapan mereka mendapatkan sesaji yang dilempar. Penduduk yang melempar sesaji berbagai macam buah buahan dan hasil ternak, mereka menganggapnya sebagai kaul atau terima kasih mereka terhadap tuhan atas hasil ternak dan pertanian yang melimpah. Aktivitas penduduk tengger pedalaman yang berada dikawah gunung bromo

Nonton TV

Halaman